PERCOBAAN 1
MEMBUAT TAMPILAN
NAMA PRIBADI
1. Umum.
Delphi
adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti
Bahasa pemrograman
Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga
lebih mudah untuk digunakan .
Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear
sebagai divisi pengembangan
perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut
awalnya milik borland , sehingga bahasa
ini memiliki versi Borland Delphi .
Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP
) , maksudnya
pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang
mendekati keadaan dunia yang
sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara
mendesign objek untuk menyelesaikan
masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ;
Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance
( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .
Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di
Microsoft Windows,
namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat
digunakan juga di Linux dan di Microsoft
.NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan
proyek OpenSource, bahasa
pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi
Mac OS X dan Windows CE .
Umumnya delphi hanya digunakan untuk pengembangan
aplikasi dekstop, enterprise
berbasis database dan program - program kecil . Namun
karena pengembangan delphi yang
semakin pesat dan bersifat general purpose bahasa
pemrograman ini mampu digunakan untuk
berbagai jenis pengembangan software . Dan Delphi juga
disebut sebagai pelopor
perkembangan RadTool ( Rapid Apllication Development )
tahun 1995 . Sehinnga banyak
orang yang mulai mengenal dan menyukai bahasa
pemrograman yang bersifat VCL ( Visual
Component Library ) ini .
2. Tujuan Praktikum.
- Agar Bamasis mampu membuat
tampilan nama pribadi menggunakan Aplikasi Delphi.
3. Alat
dan Bahan.
a. Laptop/PC;
b. Aplikasi
Delphi; dan
c. Coding
Tampilan data.
4. Landasan
Teori.
a.
Jelaskan tentang Form Delphi
Form Delphi adalah representasi visual dari jendela atau layar dalam
aplikasi. Form memungkinkan Anda untuk merancang tata letak antarmuka pengguna
dengan cara menambahkan, mengatur, dan menghubungkan berbagai kontrol yang sesuai
dengan kebutuhan aplikasi Anda. Anda dapat menentukan perilaku dan tampilan
kontrol-kontrol ini melalui kode Delphi yang terkait dengan form tersebut.
Gambar 1. Tampilan Form
b. Jelaskan tentang Tool Label
Label adalah komponen yang digunakan
untuk menampilkan teks statis atau informasi di dalam form aplikasi. Label
biasanya tidak dapat diinteraksi oleh pengguna, artinya pengguna tidak dapat
mengubah atau berinteraksi langsung dengan label ini. Anda dapat menggunakan
komponen label untuk menampilkan teks yang menjelaskan fungsi atau informasi
mengenai kontrol-kontrol lainnya di dalam form.
Gambar 2. Tampilan Tool Label
c. Jelaskan tentang Tool Button
Button adalah komponen yang
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi melalui klik. Ketika
pengguna mengklik tombol, event-handler yang telah ditetapkan akan diaktifkan,
yang memungkinkan Anda untuk menjalankan kode tertentu atau melakukan tindakan
tertentu. Button biasanya digunakan untuk memicu tindakan tertentu, seperti
menyimpan data, membuka jendela baru, atau melakukan tindakan lainnya.
Gambar 3. Tampilan Tool Button
d. Jelaskan tentang Tool Image
Komponen "Image adalah salah satu komponen visual yang memungkinkan
Anda untuk menampilkan gambar atau grafik di dalam antarmuka pengguna yang Anda
bangun. Komponen Image memungkinkan Anda untuk menampilkan berbagai jenis
gambar, seperti ikon, logo, ilustrasi, atau foto, di dalam form aplikasi.
Gambar 4. Tampilan Tool Image
5. Langkah-langkah Percobaan
a. Flowchart
b. Coding
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants,
System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls,
Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls,
Vcl.Imaging.jpeg;
type
TForm1 =
class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
Label6: TLabel;
Image1: TImage;
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{
Private declarations }
public
{
Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
Label1.Visible:=true;
Label2.Visible:=true;
Label3.Visible:=true;
label4.Visible:=true;
Label5.Visible:=true;
Label6.Visible:=true;
Image1.Visible:=True;
end;
end.
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil
Video
6. Kesimpulan
Dari percobaan
di atas, dapat disimpulkan bahwa Label berfungsi untuk menampilkan teks dalam
program, dan kita memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan Label, termasuk
ukurannya, warnanya, dan kontennya. Sementara itu, Tool Image berperan sebagai
wadah untuk menyimpan gambar yang diimpor ke dalam program. Tidak hanya itu,
kita juga bisa memanfaatkan Properti pada komponen-komponen ini untuk melakukan
modifikasi sesuai dengan keperluan program. Dari percobaan di atas, dapat
disimpulkan bahwa Label berfungsi untuk menampilkan teks dalam program, dan
kita memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan Label, termasuk ukurannya,
warnanya, dan kontennya. Sementara itu, Tool Image berperan sebagai wadah untuk
menyimpan gambar yang diimpor ke dalam program. Tidak hanya itu, kita juga bisa
memanfaatkan Properti pada komponen-komponen ini untuk melakukan modifikasi
sesuai dengan keperluan program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar