PERCOBAAN 1 MEMBUAT TAMPILAN NAMA PRIBADI

 

JURUSAN TELEKOMUNIKASI
PRODI TEKNIK TELKOMMIL

 


PERCOBAAN 1 

MEMBUAT TAMPILAN NAMA PRIBADI

 

1.         Umum.

 

            Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti Bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan .
Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan
perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa
ini memiliki versi Borland Delphi .

Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya
pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang
sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan
masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance
( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .

Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di Microsoft Windows,
namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga di Linux dan di Microsoft
.NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa
pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE .
Umumnya delphi hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi dekstop, enterprise
berbasis database dan program - program kecil . Namun karena pengembangan delphi yang
semakin pesat dan bersifat general purpose bahasa pemrograman ini mampu digunakan untuk
berbagai jenis pengembangan software . Dan Delphi juga disebut sebagai pelopor
perkembangan RadTool ( Rapid Apllication Development ) tahun 1995 . Sehinnga banyak
orang yang mulai mengenal dan menyukai bahasa pemrograman yang bersifat VCL ( Visual
Component Library ) ini .

        

2.         Tujuan Praktikum.

-           Agar Bamasis mampu membuat tampilan nama pribadi menggunakan Aplikasi Delphi.

 

3.         Alat dan Bahan.

a.         Laptop/PC;

b.         Aplikasi Delphi; dan

c.         Coding Tampilan data.

 

4.         Landasan Teori.

            a.         Jelaskan tentang Form Delphi

Form Delphi adalah representasi visual dari jendela atau layar dalam aplikasi. Form memungkinkan Anda untuk merancang tata letak antarmuka pengguna dengan cara menambahkan, mengatur, dan menghubungkan berbagai kontrol yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda. Anda dapat menentukan perilaku dan tampilan kontrol-kontrol ini melalui kode Delphi yang terkait dengan form tersebut.


Gambar 1. Tampilan Form

b.         Jelaskan tentang Tool Label

Label adalah komponen yang digunakan untuk menampilkan teks statis atau informasi di dalam form aplikasi. Label biasanya tidak dapat diinteraksi oleh pengguna, artinya pengguna tidak dapat mengubah atau berinteraksi langsung dengan label ini. Anda dapat menggunakan komponen label untuk menampilkan teks yang menjelaskan fungsi atau informasi mengenai kontrol-kontrol lainnya di dalam form.


Gambar 2. Tampilan Tool Label

           

c.         Jelaskan tentang Tool Button

Button adalah komponen yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi melalui klik. Ketika pengguna mengklik tombol, event-handler yang telah ditetapkan akan diaktifkan, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan kode tertentu atau melakukan tindakan tertentu. Button biasanya digunakan untuk memicu tindakan tertentu, seperti menyimpan data, membuka jendela baru, atau melakukan tindakan lainnya.

Gambar 3. Tampilan Tool Button

 

            d.         Jelaskan tentang Tool Image

Komponen "Image adalah salah satu komponen visual yang memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar atau grafik di dalam antarmuka pengguna yang Anda bangun. Komponen Image memungkinkan Anda untuk menampilkan berbagai jenis gambar, seperti ikon, logo, ilustrasi, atau foto, di dalam form aplikasi.


Gambar 4. Tampilan Tool Image

 

 

5. Langkah-langkah Percobaan

    a.    Flowchart


 b. Coding
unit Unit1;
interface 
uses
  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.StdCtrls, Vcl.ExtCtrls,
  Vcl.Imaging.jpeg;
 
type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    Label6: TLabel;
    Image1: TImage;
    Button1: TButton;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;
 
var
  Form1: TForm1;
 
implementation
 
{$R *.dfm}
 
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
Label1.Visible:=true;
Label2.Visible:=true;
Label3.Visible:=true;
label4.Visible:=true;
Label5.Visible:=true;
Label6.Visible:=true;
Image1.Visible:=True;
end;
 
end.

 

5. Hasil dan Pembahasan

    a.    Hasil Video


 

6. Kesimpulan 

Dari percobaan di atas, dapat disimpulkan bahwa Label berfungsi untuk menampilkan teks dalam program, dan kita memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan Label, termasuk ukurannya, warnanya, dan kontennya. Sementara itu, Tool Image berperan sebagai wadah untuk menyimpan gambar yang diimpor ke dalam program. Tidak hanya itu, kita juga bisa memanfaatkan Properti pada komponen-komponen ini untuk melakukan modifikasi sesuai dengan keperluan program. Dari percobaan di atas, dapat disimpulkan bahwa Label berfungsi untuk menampilkan teks dalam program, dan kita memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan Label, termasuk ukurannya, warnanya, dan kontennya. Sementara itu, Tool Image berperan sebagai wadah untuk menyimpan gambar yang diimpor ke dalam program. Tidak hanya itu, kita juga bisa memanfaatkan Properti pada komponen-komponen ini untuk melakukan modifikasi sesuai dengan keperluan program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERCOBAAN IX MEMBUAT LAPORAN RCWA MELALUI MAP DENGAN SENSOR 8 PENJURU MATA ANGIN

    JURUSAN TELEKOMUNIKASI PRODI TEKNIK TELKOMMIL     PERCOBAAN 9 MEMBUAT LAPORAN RCWA MELALUI MAP DENGAN SENSOR 8 PENJURU MATA ANGIN   1.  ...