PERCOB 5 MEMBUAT LAPORAN KONDISI KONTAK SENJATA DENGAN MUSUH MELALUI MAP

 JURUSAN TELEKOMUNIKASI
PRODI TEKNIK TELKOMMIL

 

 

PERCOBAAN 5

MEMBUAT LAPORAN KONDISI KONTAK SENJATA DENGAN MUSUH MELALUI MAP

 

1.         Umum.

             Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti Bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan .

Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan
perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa
ini memiliki versi Borland Delphi .

Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya
pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang
sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan
masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance
( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .

Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di Microsoft Windows,
namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga di Linux dan di Microsoft
.NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa
pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE .
Umumnya delphi hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi dekstop, enterprise
berbasis database dan program - program kecil . Namun karena pengembangan delphi yang
semakin pesat dan bersifat general purpose bahasa pemrograman ini mampu digunakan untuk
berbagai jenis pengembangan software . Dan Delphi juga disebut sebagai pelopor
perkembangan RadTool ( Rapid Apllication Development ) tahun 1995 . Sehinnga banyak
orang yang mulai mengenal dan menyukai bahasa pemrograman yang bersifat VCL ( Visual
Component Library ) ini.


 2.         Tujuan Praktikum.

            -    Agar Bamasis mampu membuat tampilan nama pribadi menggunakan Aplikasi                         Delphi.


3.         Alat dan Bahan.

            a.         Laptop/PC;

            b.         Aplikasi Delphi; dan

            c.         Coding Tampilan data.

4.    Teori Dasar.

        a.    Tool Image
               TImage adalah komponen visual yang digunakan untuk menampilkan gambar. Anda dapat menggunakan TImage untuk menampilkan gambar statis dalam aplikasi Anda. Anda dapat memuat gambar dari berbagai sumber, seperti file gambar di sistem file atau data gambar yang disematkan dalam sumber daya aplikasi.


                                                          Gambar 1. Tampilan Image

       b. Tool Shape

TShape adalah komponen yang memungkinkan Anda untuk menggambar bentuk dasar seperti persegi, lingkaran, garis, dan lainnya. Anda dapat mengatur properti seperti warna isi, warna garis, dan tebal garis untuk memodifikasi tampilan bentuk.


Gambar 2. Logo Shape

    c.     Pixel
            Pixel adalah unit terkecil dalam representasi gambar digital. Dalam konteks Delphi 7 atau pemrograman secara umum, pixel mengacu pada titik atau elemen diskret di layar atau dalam citra digital. Setiap pixel memiliki informasi tentang warna atau intensitas yang mewakili bagaimana pixel tersebut harus ditampilkan.Dalam Delphi 7, Anda dapat mengakses dan memanipulasi piksel dalam beberapa cara, terutama melalui penggunaan komponen TCanvas. TCanvas adalah kelas yang menyediakan berbagai metode untuk menggambar pada permukaan grafis, yang bisa menjadi form, komponen visual seperti TImage atau TPaintBox, atau bahkan printer. 


5.    Langkah-langkah Percobaan

        a.    Flowchart



        b. Coding 

uses

  Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,

  Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.ExtCtrls, Vcl.StdCtrls,

  Vcl.Imaging.pngimage, Vcl.Imaging.jpeg;


type

  TForm1 = class(TForm)

    Image1: TImage;

    Edit1: TEdit;

    Label1: TLabel;

    Label2: TLabel;

    Label3: TLabel;

    Label4: TLabel;

    Shape4: TShape;

    Shape8: TShape;

    Label5: TLabel;

    Shape12: TShape;

    Label6: TLabel;

    Shape16: TShape;

    Label7: TLabel;

    Shape20: TShape;

    Label8: TLabel;

    Shape24: TShape;

    Label9: TLabel;

    Shape28: TShape;

    Label10: TLabel;

    ComboBox1: TComboBox;

    Button1: TButton;

    Label11: TLabel;

    Shape2: TShape;

    Shape1: TShape;

    Shape3: TShape;

    Shape5: TShape;

    Shape6: TShape;

    Shape7: TShape;

    Shape9: TShape;

    Shape10: TShape;

    Shape11: TShape;

    Button2: TButton;

    Image2: TImage;

    procedure Button1Click(Sender: TObject);

    procedure Button2Click(Sender: TObject);

  private

    { Private declarations }

  public

    { Public declarations }

  end;


var

  Form1: TForm1;


implementation


{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

var

titik: Integer;

status: string;

pos: string;


begin

titik:= ComboBox1.ItemIndex;

status := Edit1.Text;


if titik <> -1 then

begin

  //Showmassage ('Pos yang dipilih :'+ Combobox1.Items [titik]);

  pos := ComboBox1.Items[titik];

end

else

begin

  //Showmassege('kosong');

  pos := '';

end;


if (Pos='1')and (Status='H') then

begin

  Shape1.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='1')and (Status='K') then

begin

  Shape1.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='1')and (Status='M') then

begin

  Shape1.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='2')and (Status='H') then

begin

  Shape3.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='2')and (Status='K') then

begin

  Shape3.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='2')and (Status='M') then

begin

  Shape3.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='3')and (Status='H') then

begin

  Shape5.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='3')and (Status='K') then

begin

  Shape5.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='3')and (Status='M') then

begin

  Shape5.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='4')and (Status='H') then

begin

  Shape6.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='4')and (Status='K') then

begin

  Shape6.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='4')and (Status='M') then

begin

  Shape6.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='5')and (Status='H') then

begin

  Shape7.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='5')and (Status='K') then

begin

  Shape7.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='5')and (Status='M') then

begin

  Shape7.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='6')and (Status='H') then

begin

  Shape9.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='6')and (Status='K') then

begin

  Shape9.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='6')and (Status='M') then

begin

  Shape9.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='7')and (Status='H') then

begin

  Shape10.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='7')and (Status='K') then

begin

  Shape10.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='7')and (Status='M') then

begin

  Shape10.Brush.color := clRed;

end

else if (Pos='8')and (Status='H') then

begin

  Shape11.Brush.color := clLime;

end

else if (Pos='8')and (Status='K') then

begin

  Shape11.Brush.color := clYellow;

end

else if (Pos='8')and (Status='M') then

begin

  Shape11.Brush.color := clRed;

end

end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);

begin

form1.close

end;


 end.

5.       Hasil dan Pembahasan

        a.    Hasil video :


b.      Pembahasan :

  1. Komponen TMap:
    Pastikan Anda memiliki komponen TMap di form Delphi Anda. Komponen ini bertanggung jawab untuk menampilkan peta.
  2. Komponen TImageList:
    Tambahkan komponen TImageList ke form Delphi Anda. Ini akan digunakan untuk menyimpan gambar lampu yang akan ditampilkan di peta.
  3. Komponen TImage:
    Tambahkan komponen TImage ke form Delphi Anda untuk menampilkan gambar lampu di peta.
  4. Array Informasi Lampu:
    Buatlah sebuah array yang berisi informasi tentang lokasi dan status lampu. Struktur data TLamp dapat digunakan untuk menyimpan informasi ini.
  5. Inisialisasi Array Lampu:
    Di event OnCreate form, inisialisasikan array lampu dengan data yang sesuai. Setiap elemen array akan merepresentasikan satu lampu.
  6. Menggambar Lampu di Peta:
    Di event OnPaint komponen TMap, tambahkan kode untuk menggambar lampu di peta berdasarkan informasi dari array lampu. Gunakan koordinat Latitude dan Longitude untuk menentukan posisi lampu.
  7. Mengubah Status Lampu saat Klik:
    Tambahkan event OnClick komponen TMap untuk mengubah status lampu ketika pengguna mengklik lampu di peta. Cek koordinat klik terhadap koordinat lampu dalam array dan perbarui status lampu.
    Dengan menggunakan kode tersebut, Anda dapat mengontrol dan menampilkan lampu di peta menggunakan Delphi. Pastikan properti TMap telah dikonfigurasi dengan benar, dan gambar lampu telah ditambahkan ke TImageList.


6. kesimpulan

        Dengan menggunakan Delphi dan langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat membuat aplikasi untuk mengontrol dan menampilkan lampu di peta. Pastikan untuk memahami penggunaan komponen TMap, TImageList, dan TImage, serta implementasi array lampu untuk menyimpan informasi lokasi dan status lampu. Dengan menggambar lampu di peta dan menanggapi interaksi pengguna, Anda dapat menciptakan aplikasi yang memungkinkan kontrol lampu yang intuitif dan visual

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERCOBAAN IX MEMBUAT LAPORAN RCWA MELALUI MAP DENGAN SENSOR 8 PENJURU MATA ANGIN

    JURUSAN TELEKOMUNIKASI PRODI TEKNIK TELKOMMIL     PERCOBAAN 9 MEMBUAT LAPORAN RCWA MELALUI MAP DENGAN SENSOR 8 PENJURU MATA ANGIN   1.  ...