JURUSAN TELEKOMUNIKASI
PRODI TEKNIK TELKOMMIL
PERCOBAAN 5
MEMBUAT LAPORAN KONDISI KONTAK SENJATA DENGAN MUSUH MELALUI MAP
1. Umum.
Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti Bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan .
Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear
sebagai divisi pengembangan
perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut
awalnya milik borland , sehingga bahasa
ini memiliki versi Borland Delphi .
Delphi juga menggunakan konsep yang
berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya
pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang
mendekati keadaan dunia yang
sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara
mendesign objek untuk menyelesaikan
masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ;
Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance
( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .
Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya
dapat digunakan di Microsoft Windows,
namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat
digunakan juga di Linux dan di Microsoft
.NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan
proyek OpenSource, bahasa
pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi
Mac OS X dan Windows CE .
Umumnya delphi hanya digunakan untuk pengembangan
aplikasi dekstop, enterprise
berbasis database dan program - program kecil . Namun
karena pengembangan delphi yang
semakin pesat dan bersifat general purpose bahasa
pemrograman ini mampu digunakan untuk
berbagai jenis pengembangan software . Dan Delphi juga
disebut sebagai pelopor
perkembangan RadTool ( Rapid Apllication Development )
tahun 1995 . Sehinnga banyak
orang yang mulai mengenal dan menyukai bahasa
pemrograman yang bersifat VCL ( Visual
Component Library ) ini.
2. Tujuan Praktikum.
- Agar Bamasis mampu membuat tampilan nama pribadi menggunakan Aplikasi Delphi.
3. Alat dan Bahan.
a. Laptop/PC;
b. Aplikasi
Delphi; dan
Gambar 1. Tampilan Image
b. Tool Shape
TShape adalah komponen yang memungkinkan Anda untuk menggambar bentuk dasar seperti persegi, lingkaran, garis, dan lainnya. Anda dapat mengatur properti seperti warna isi, warna garis, dan tebal garis untuk memodifikasi tampilan bentuk.
5. Langkah-langkah Percobaan
a. Flowchart
b. Coding
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.ExtCtrls, Vcl.StdCtrls,
Vcl.Imaging.pngimage, Vcl.Imaging.jpeg;
type
TForm1 = class(TForm)
Image1: TImage;
Edit1: TEdit;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
Shape4: TShape;
Shape8: TShape;
Label5: TLabel;
Shape12: TShape;
Label6: TLabel;
Shape16: TShape;
Label7: TLabel;
Shape20: TShape;
Label8: TLabel;
Shape24: TShape;
Label9: TLabel;
Shape28: TShape;
Label10: TLabel;
ComboBox1: TComboBox;
Button1: TButton;
Label11: TLabel;
Shape2: TShape;
Shape1: TShape;
Shape3: TShape;
Shape5: TShape;
Shape6: TShape;
Shape7: TShape;
Shape9: TShape;
Shape10: TShape;
Shape11: TShape;
Button2: TButton;
Image2: TImage;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
titik: Integer;
status: string;
pos: string;
begin
titik:= ComboBox1.ItemIndex;
status := Edit1.Text;
if titik <> -1 then
begin
//Showmassage ('Pos yang dipilih :'+ Combobox1.Items [titik]);
pos := ComboBox1.Items[titik];
end
else
begin
//Showmassege('kosong');
pos := '';
end;
if (Pos='1')and (Status='H') then
begin
Shape1.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='1')and (Status='K') then
begin
Shape1.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='1')and (Status='M') then
begin
Shape1.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='2')and (Status='H') then
begin
Shape3.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='2')and (Status='K') then
begin
Shape3.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='2')and (Status='M') then
begin
Shape3.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='3')and (Status='H') then
begin
Shape5.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='3')and (Status='K') then
begin
Shape5.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='3')and (Status='M') then
begin
Shape5.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='4')and (Status='H') then
begin
Shape6.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='4')and (Status='K') then
begin
Shape6.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='4')and (Status='M') then
begin
Shape6.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='5')and (Status='H') then
begin
Shape7.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='5')and (Status='K') then
begin
Shape7.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='5')and (Status='M') then
begin
Shape7.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='6')and (Status='H') then
begin
Shape9.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='6')and (Status='K') then
begin
Shape9.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='6')and (Status='M') then
begin
Shape9.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='7')and (Status='H') then
begin
Shape10.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='7')and (Status='K') then
begin
Shape10.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='7')and (Status='M') then
begin
Shape10.Brush.color := clRed;
end
else if (Pos='8')and (Status='H') then
begin
Shape11.Brush.color := clLime;
end
else if (Pos='8')and (Status='K') then
begin
Shape11.Brush.color := clYellow;
end
else if (Pos='8')and (Status='M') then
begin
Shape11.Brush.color := clRed;
end
end;
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
form1.close
end;
end.
5. Hasil dan Pembahasan
a. Hasil video :
b. Pembahasan :
- Komponen TMap:Pastikan Anda memiliki komponen TMap di form Delphi Anda. Komponen ini bertanggung jawab untuk menampilkan peta.
- Komponen TImageList:Tambahkan komponen TImageList ke form Delphi Anda. Ini akan digunakan untuk menyimpan gambar lampu yang akan ditampilkan di peta.
- Komponen TImage:Tambahkan komponen TImage ke form Delphi Anda untuk menampilkan gambar lampu di peta.
- Array Informasi Lampu:Buatlah sebuah array yang berisi informasi tentang lokasi dan status lampu. Struktur data TLamp dapat digunakan untuk menyimpan informasi ini.
- Inisialisasi Array Lampu:Di event OnCreate form, inisialisasikan array lampu dengan data yang sesuai. Setiap elemen array akan merepresentasikan satu lampu.
- Menggambar Lampu di Peta:Di event OnPaint komponen TMap, tambahkan kode untuk menggambar lampu di peta berdasarkan informasi dari array lampu. Gunakan koordinat Latitude dan Longitude untuk menentukan posisi lampu.
- Mengubah Status Lampu saat Klik:Tambahkan event OnClick komponen TMap untuk mengubah status lampu ketika pengguna mengklik lampu di peta. Cek koordinat klik terhadap koordinat lampu dalam array dan perbarui status lampu.Dengan menggunakan kode tersebut, Anda dapat mengontrol dan menampilkan lampu di peta menggunakan Delphi. Pastikan properti TMap telah dikonfigurasi dengan benar, dan gambar lampu telah ditambahkan ke TImageList.
6. kesimpulan
Dengan menggunakan Delphi dan langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat membuat aplikasi untuk mengontrol dan menampilkan lampu di peta. Pastikan untuk memahami penggunaan komponen TMap, TImageList, dan TImage, serta implementasi array lampu untuk menyimpan informasi lokasi dan status lampu. Dengan menggambar lampu di peta dan menanggapi interaksi pengguna, Anda dapat menciptakan aplikasi yang memungkinkan kontrol lampu yang intuitif dan visual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar